Hubungan Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar dengan Psikologi

  1. Matematika

Secara etimologi, pengertian matematika berasal dari bahasa latin manthanein

atau mathemata yang berarti “belajar atau hal yang dipelajari” (things that are learned).

Matematika adalah ilmu yang tidak jauh dari kehidupan manusia. Sejarah matematika sangat panjang, segala perkembangan dan pengalaman yang berinteraksi langsung dengannya membuat pengertian matematika terus berkembang.

            Berikut ini merupakan beberapa pengertian matematika menurut para ahli:

  • Menurut Riedesel matematika adalah kumpulan kebenaran dan aturan, matematika bukanlah sekedar berhitung. Matematika merupakan sebuah bahasa, kegiatan pembangkitan masalah dan pemecahan masalah, kegiatan menemukan dan mempelajari pola serta hubungan.
  • Menurut Elea Tinggih (Erman Suherman, 2001), matematika berarti ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar. Maksudnya adalah bahwa matematika lebih menekankan aktivitas penalaran, sementara pada pelajaran lain lebih ditekankan pada observasi dan eksperimen.
  • Menurut Johnson dan Rising (1972), matematika adalah pola fikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logis. Matematika adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide daripada mengenai bunyi.

     

  1. Ilmu Alamiah Dasar

Ilmu alamiah dasar adalah disiplin ilmu yang biasanya dipelajari di tingkat perguruan tinggi. Pada dasarnya, ilmu alamiah dasar juga sudah dipelajari di tingkat SD, SMP, maupun SMA. Perbedaanya ialah ilmu alamiah dasar lebih banyak bicara tentang bagaimana metode-metode ilme kealaman dalam menjelaskan gejala-gejala alam secara lebih fisiologis. Ilmu alamiah dasar melibatkan studi tentang fenomena atau hukum-hukum dunia fisik.

Ilmu alamiah dasar atau biasa disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala alam, termasuk di muka bumi sehingga terbentuk prinsip dan konsep. Ilmu pengetahuan alam dapat didefinisikan sebagai pendekatan rasional unutk mempelajari alam semesta dan dunia fisik. Cabang utama ilmu pengetahuan alam antara lain adalah astronomi, biologi, kimia, ilmu bumi, dan fisika.

Ilmu alamsiah dasar merumuskan pemikiran yang selalu dilandasi realisme karena mempelajari tentang metode alamiah dan gejala alamiah. Oleh karena itu, ilmu alamiah dasar tidak bisa lepas dari objek yang berhubungan dengan panca indera.

 

  1. Psikologi

    Terdapat beberapa definisi psikologi menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menurut Crow and Crow, psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya (Pschycology is the study of human behavior and human relationship).M
  • Menurut pandangan Sartain, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia. (Psychology is the scientific study of the behavior of living organism, with special attentiont given to human behavior).
  • Dalam ensiklopedia pendidikan, psikologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mengadakan penyelidikan atas gejala-gejala dan kegiatan-kegiatan jiwa.
  • Definisi umum psikologi adalah ilmu tentang perilaku manusia dan binatang, serta penerapannya pada permasalahan manusia (Morgan, 1987).

     

  1. Hubungan Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar dengan Psikologi

Matematika merupakan ilmu yang menggunakan nalar. Matematika mengajak seseorang untuk berpikir cermat dan melatih kita unutk meyelesaikan masalah. Matematika identik dengan angka dan masalah yang harus dipecahkan dengan menggunakan rasio. Sementara itu, ilmu alamiah dasar atau biasa disebut ilmu pengetahuan alam merupakan ilmu yang mengkaji tentang gejala alam. Cabang dari ilmu pengetahuan antara lain adalah astronomi, kimia, biologi, ilmu bumi, dan fisika.

Matematika dan Ilmu Budaya Dasar memiliki hubungan dengan psikologi. Matematika merupakan ilmu yang berhubungan dengan nalar dan pemecahan masalah. Hal ini sangat membantu dalam ilmu pengetahuan karena ilmu pemngetahuan berdasarkan pada observasi dan eksperimen. Ilmu pengetahuan memerlukan matematika untuk membantunya menemukan jawaban dan menyusun teori. Sementara itu, psikologi memerlukan matematika dan ilmu alamiah dasar untuk menyusun teori dan melakukan perhitungan. Sementara itu salah satu cabang ilmu pengetahuan adalah biologi. Biologi amat penting bagi ilmu psikologi terutama untuk mempelajari berbagai macam mekanisme dalam tubuh manusia. Melalui berbagai penelitian, ilmu biologi dapat menjelaskan hal-hal seperti proses penginderaan pada manusia, alasan saat takut detak jantung menjadi lebih cepat dan sebagainya. Ini amat membantu perkembangan ilmu psikologi

 

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. ___. Memahami Pengertian Ilmu Alamiah Dasar [online]. http://www.anneahira.com/pengertian-ilmu-alamiah-dasar.htm.

Anonim. ____. Hakikat Matematika [pdf]. http://eprints.uny.ac.id/9151/3/bab%202%20-%2008301244043.pdf.

Anonim. ____. Pengertian Matematika Menurut Ahli [online]. http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-matematika-menurut-ahli.html.

dedi26. 2013. Apa itu Matematika?? Pengertian matematika menurut para ahli [online]. http://dedi26.blogspot.com/2013/02/apa-itu-matematika-pengertian.html.

Melisa, Melva. Definisi Psikologi Menurut Para Ahli [online]. http://blogmhs.uki.ac.id/melva/assignment/developmental-psychology/definisi-psikologi-menurut-para-ahli/

Riyanti, B.P Dwi. 1996. Psikologi Umum I [pdf]. Jakarta: Gunadarma.

Zaoldyeck, Fakhree. ____. Pengertian Ilmu alamiah Dasar [online]. http://www.scribd.com/doc/88996435/Pengertian-Ilmu-Alamiah-Dasar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s