#Pinternet Pengertian dan Sejarah Internet

1. Internet

Internet berasal dari kata Interconnection Network yang artinya adalah berbagai komputer dengan berbagai tipe (platform) yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan menggunakan saluran telekomunikasi seperti telepon dan satelit.

internet

Internet

sumber: http://www.iberita.com

Berdasarkan Oxford Dictionary online, internet adalah sebuah jaringan global komputer yang menyediakan berbagai informasi dan fasilistas komunikasi yang terdiri atas jaringan yang terhubung menggunakan protokol komunikasi yang berstandar. (Internet is a global computer network providing a variety of information and communication facilities, consisting of interconnected networks using standardized communication protocols.)

2. Sejarah Internet

Internet berawal di tahun 1960 sebagai bentuk usaha periset pemerintah untuk berbagi informasi satu dengan yang lain. Komunikasi awal yang dilakukan melalui jaringan network yang direkam dalam sejarah adalah sekumpulan memo yang ditulis oleh J.C.R. Licklider dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) pada bulan Agustus 1962, mendiskusikan konsep ‘Galactic Network’ miliknya. Konsep ‘Galactic Network’ ini mirip dengan internet masa kini, dimana semua orang bisa mengakses data dan program dari situs manapun. Ia kemudian mengepalai program riset komputer, DARPA (Defense Advenced Research Program) mulai dari Oktober 1962. Ia berhasil meyakinkan para penerusnya di DARPA, Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan peneliti MIT, Lawrence G. Roberts, pentingnya konsep network ini.

Pada tahun 1965 untuk menyelidiki komunikasi melalui sirkuit, Lawrence G. Roberts yang juga dikenal sebagai Larry Roberts bekerjasama dengan Thomas Merrill. Mereka menyambungkan dua buah komputer yang berada di California dan Massachusetts dengan saluran telepon berkecepatan rendah dan berhasil membuat jaringan komouter yang luas untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1967 Larry Robert mengembangkan konsep jaringan bernama ARPANET, dan pada tahun 1969 ARPANET telah melibatkan empat buah komputer yang terkoneksi yaitu komputer di University of California Los Angeles, Stanford Research Institute, University of California Barbara, dan University of Utah.

Komputer Honeywell yang digunakan untuk menyambungkan ke ARPANET.

Komputer Honeywell yang digunakan untuk menyambungkan ke ARPANET.

sumber: http://computer.howstuffworks.com/arpanet1.htm

Pada tahun 1971, ada 14 komputer yang terhubung ke ARPANET, dan protokol Telnet dan FTP dibangun. Satu tahun kemudian, Larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC di Washington. Di tahun yang sama Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPANET. Ia pula yang merancang konversi “user@host”. Selain itu di tahun yang sama, ARPANET melakukan koneksi internasional pertama dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.

Pada tahun 1978 Unix to Copy Protocol ditemukan di Laboratorium Bell yang berguna untuk melakukan file transfer. Pada tahun 1979 membuat sebuah grup diskusi yang bernama USENET. Anggotanya membicarakan masalah jaringan, politik, agama dan berbagai topik lainnya.

Tahun 1982 DCA (Defence Communication Agency) dan DARPA memebentuk protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET. Lalu Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan TCP/IP sebagai sebuah sntadar. Saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.

arpar

Tahun 1983 John Postel, Paul Mockapetris, dan Craig Partridge mengembangkan sistem domain nama (Domain Name System/DNS)dan mengusulkan bentuk konversi “user@host.cdomain”. Pada tahun 1984, diperkenalkan jenis-jenis domain seperti .gov, .mil, .net, dan.com.

Pada tahun 1986, National Science mendanai NSFNET sebagai tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps dan mengatur internet hanya untuk kepentingan riset dan pemerintah.

Pada tahun 1988 Internet Relay Chat (IRC) dibuat oleh Jarrko Oikarinen untuk melakukan chatting via internet.

Kemudian pada 1989 Australia, Jerman, Israel, Italia, Jepang, Mexico, Belanda, Selandia Baru dan Inggris bergabung ke Internet.

Tahun 1989, TIM Berners lee, periset Inggris yang bekerja di Swiss mengajukan konsep sistem hypertext. Sistem ini memungkinkan melihat dokumen pada platform yang berbeda. Konsep ini disebut pula World Wide Web. Lalu pada 1990, Tim Berner Lee meluncurkan WWW di Swiss dan memperkenHyperText Markup Language (HTML) yang merupakan bahasa untuk menyusun tampilan web.

Pada 1991, NSFNET dapat digunakan secara komersial, selain itu kecepatannya ditambah menjadi 44Mbps, mencakup 100 negara. Kamudian pada 1992, audio dan video mulai muncul di internet. Di tahun ini pula muncul pencari teks yang dikeluarkan oleh Universitas Nevada bernama Veronica dan browser pertama, yaitu Mozaic.

Tahun 1994, Yahoo (Yet Another Hierarchial Officious Oracle) didirikan oleh dua mahasiswa Universitas Stanford, Jerry Yanf dan David Filo. Pada tahun ini pula Amazon.com didirikan. Kemudian mesin pencari terkenal Google didirikan pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin.


Referensi

Brief History of the Internet. http://www.internetsociety.org/internet/what-internet/history-internet/brief-history-internet. Diakses 26 September 2014, pada 22.27.

oxford dictionaries. http://www.oxforddictionaries.com/definition/english/Internet, diakses pada 26 september 2014 jam 21:58

Juju, Dominikus. dan MataMaya Studio. 2008. Teknik Mempercepat Koneksi Internet. Jakarta PT. Elex Media Komputindo.

Sejarah Internet. http://www.artikeltik.com/sejarah-internet.html. Diakses 26 September 2014, pada 22.28.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s