#Pinternet Hal-Hal yang Berkaitan dengan Koneksi Internet

Internet sudah menjadi hal yang umum bagi kita. Saat ini, bisa dikatakan kita nyaris tidak bisa lepas dari internet. Ada beberapa hal yang berhubungan dengan koneksi internet. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) untuk instalasi koneksi
Perangkat Keras (Hardware)
Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk mengakses internet. Spesifikasi dari komputer menentukan cepat lambatnya kinerja akses internet. Beikut antara lain spesifikasi komputer untuk koneksi internet
a. Processor
Minimal pentium III 500 MHz, RAM (Random Access Memory) minimal 256 MB, HardDisk sebagai media penyimpanan minimal 20 GB, VGA Card untuk tampilan gambar minimal 4MB, dan layar komputer untuk menampilkan proses kerja komputer.
b. MODEM
Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian untuk mengubah sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) kedalam sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan. Sementara demodulator adalah bagian untuk memisahkan sinyal tersebut. Terdapat tiga jenis modem, yaitu:

  • Modem dial up : modem jenis ini biasa digunakan oleh Personal Computer yang langsung dihubungkan ke saluan telepon. Terdapat dua macam modem dial up yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal terdapat di dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Sementara modem eksternal terletak di luar komputer dan untuk menghubungkannya, digunakan port com atau USB.

    Modem Dial-Up

    Modem Dial-Up (sumber: commons. wikimwdia.org)

  • Modem Kabel : perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV Kabel. Jaringan TV Kabel ini dapat memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dial up maupun modem ASDL.

    Modem Kabel

    Modem Kabel (sumber : http://www.lifelinesys.com)

  • Modem ASDL ( Asymmetric Digital Subsriber Line) : ide utama teknologi ASDL adalah untuk memecah sinyal line ke telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna dapat melakukan koneksi ke internet tanpa mengganggu saluran telepon.

c. Hub/Switch Hub
Perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa komputer. Hub dibedakan menjadi dua yaitu active hub dan passive hub. Active hub terdiri atas delapan konektor yang berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim dan menyesuaikan impedansinya untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya. Sementara passive hub terdiri atas empat konektor dimana satu konektor berfungsi untuk menerima sinyal dan meneruskannya pada tiga konektor lainnya.

d. Repeater
Berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal yang dikirim sama dengan sinyal yang diterima.

e. Brige
Perangkat lunak ayng menghubungkan dua buah jaringan menggunakan protocol yang sama

f. Router
Fungsinya hampir sama dengan brige, selain dapat menghubungkan dua LAN yang sama, perangkat ini juga bisa menghubungkan dua LAN yang berbeda.

g. Kabel UTP
Digunakan sebagai penghubung antar komputer dengan switch atau router dengan perangkat lainnya. Kabel UTP biasa digunakan unutk membuat jaringan yang di dalamnya berisi empat pasang kabel yang tiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45. Berikut adalah tipe kabel UTP
Kategori 1 : untuk koneksi suara / sambungan telepon.
Kategori 2 : untuk protocol localtalk (Apple) dengan kecepatan hingga 4 Mbps.
Kategori 3 : untuk protocol ethernet dengan kecepatan data hingga 10 Mbps.
Kategori 4 : untuk protocol 16 Mbps token ring (IBM) dengan kecepatan data hingga 20 Mbps.
Kategori 5 : untuk protocol fast ethernet dengan kecepatan data hingga 100 Mbps

h. Konektor RJ 45
Digunakan sebagai penghubung kabel UTP.

i. Ethernet card (LAN card)/Network Interface Card (NIC)
Digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang terkoneksi. Kecepatan data transfer dimulai dari 10 bps, 100 bps dan 1000 bps. Jenis-jenis ethernet card antara lain ethernet, fats ethernet dan gigabit ethernet.

Ethernet Card (sumber : dbxpro.com)

Ethernet Card (sumber : dbxpro.com)

j. Wireless Adapter
Wireless Adapter digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel. Adapter ini biasanya berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronika

k. Kabel Koaksial
Kabel koaksial merupakan kabel yang digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya.

Perangkat Lunak (Software)
a. Sistem Operasi
Merupakan penghubung antara user (pengguan) dengan komputer. Sistem operasi yang umum digunakan untuk akses internet antara lain adalah windows, Mac OS dan Linux. Sistem operasi yang digunakan sebaiknya sesuai dengan perangkat keras, dengan memperhatikan keterangan minimun perangkat keras yang digunakan.

b. Browser
Adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen aynga da pada web. Browser yang umum digunaka diantaranya adalah Mozilla Firefox, Opera Mini, Internet Explorer, Safari, dan google Chrome.

Macam-macam browser (sumber : www.dazeinfo.com)

Macam-macam browser (sumber : http://www.dazeinfo.com)

2. ISP (Internet Service Provider)
ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia layanan Internet adalah orang-orang yang tujuannya hanya memberi akses ke internet. Tetapi setiap ISP bisa saja menawarkan layanan yang berbeda. ISP satu bisa menawarkan layanan yang tidak ditawarkan oleh ISP lain, begitu pula sebaliknya.  Beberapa contoh ISP yang terdapat di Indonesia diantaranya adalah Smartfren, First Media, dan Telkom Speedy.

3. Jenis-jenis koneksi internet
a. Koneksi Internet Kabel
Koneksi internet kabel adalah jenid koneksi yang memanfaatkan kabel sebagai penghantarnya. Koneksi jenis ini beragam, berikut adalah beberapa jenisnya:
Dial Up
Koneksi internet ini menafaatkan jalur telepon (telepon rumah) dengan cara menghubungkan nomor telepon khusus agar bisa digunakan untuk berinternet. Cara ini biasanya relatif mahal dan kecepatannya rendah.
ADSL
ADSL adalah kependekan dari Assymetric Digital Subscribe Line. ADSL merupakan koneksi broadband yang cepat dibandingkan dengan koneksi dial up, GPRS atau CDMA. ADSL menggunakan jalur pita yang lebar sehingga memiliki kecepatan lebih dibandingkan yang lain.
Internet Cable
Internet cable awalnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan tayangan luar negeri yang berkualitas. Tetapi karena kebutuhan internet juga banyak maka layanan akses internet pun disediakan.

b. Koneksi Internet Nirkabel (Wireless)
Koneksi jenis ini memanfaatkan gelombang radio (elektromagnetik) sebagai penghantarnya. Kecepatan koneksi internet nirkabel memang lebih cepat dari koneksi dial up tetapi memiliki hambatan ketika kondisi cuaca sedang buruk.

Selain internet wireless, kita juga mengenal GPRS (General Packet Radio System). GPRS merupakan teknologi 2G yang menjadi cikal bakal lahirnya teknologi 3G. Kemudian muncul pula teknologi 4G sebagai evolusi dari teknologi 3GPP dan Ultra Mobile broadband.

Kemudian, kita juga mengenal Wi-Fi. Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi yang bekerja pada jaringan perangkat WLAN (Wireless Local Area Network). Wi-Fi adalah merk dagang yang dberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi yang bekerja pada jaringan WLAN yang sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.


 

Referensi

Edtrika, Mhieta. 2012. Perangkat untuk Akses Internet. http://www.slideshare.net/mitaedtrikacute/perangkat-untuk-akses-internet. diakses 04 Oktober 2914 pada 21.15.
Juju, Dominikus & MataMaya Studio. 2008. Teknik mempercepat Koneksi Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sa’adah, Qomariyatus. 2012. Perangkat keras dan Lunak untuk Akses Internet. http://qomariyatus6788.blogspot.com/2012/11/perangkat-keras-dan-lunak-untuk-akses.html. diakses 5 Oktober 2014 pada 22.05
Sidharto, Lani. 1996. Internet: Informasi Bebas Hambatan 2. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
peterdraw. 2011. Pengertian WAP, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, 4G, Wi-fi dan WiMax. http://peterdraw.wordpress.com/2011/09/27/pengertian-wap-gprs-edge-3g-hsdpa-4g-wi-fi-dan-wimax/. Diakses 05 Oktober 2014 jam 22.47

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s