#Pinternet Beberapa Istilah yang Berhubungan dengan Internet

Ketika berinternet, sering ditemui beberapa istilah atau singkatan diantaranya adalah www, e-mail, search engine, browser, chatting, netiqutte, dan komunitas online. Berikut adalah penjelasan mengenai hal-hal tersebut.

1. WWW
www adalah kependekan dari world wide web. Secara teknik, world wide web dapat didefinisikan sebagai semua sumber dan pengguan yang ada dalam internet yang menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Ada pula yang mengartikan world wide web sebagai sistem server internet yang menyokong dokumen dengan format tertentu. Dokumen tersebut berada dalam format Hypertext MarkUp Languange (HTML) yang mensupport tautan ke dokumen lain seperti file audio, video dan grafis. Artinya. Pengguna dapat melompat dari satu dokumen ke dokumen lain dengan mengklik tautan yang ada. Definisi lebih luas diberikan oleh Tim Berners Lee yang menyatakan bahwa world wide web merupakan dunia dimana informasi dapat diakses melalui suatu jaringan, sebuah gabungan dari pengetahuan manusia.

2. Browser
Browser adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menjelajah internet yang gunanya untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi di internet. Pemilihan browser dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Kenyamanan berinternet selain bergantung pada kecepatan internet, juga bergantung pada browser yang digunakan. Setiap browser memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Beberapa browser yang ada adalah seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera, Spark browser dan lain-lain.

Macam-macam browser (sumber : www.dazeinfo.com)

Macam-macam browser (sumber : http://www.dazeinfo.com)

Tampilan Spark Browser

Tampilan Spark Browser

3. E-mail

emailKetika berinternet saat ini, sepertinya agak sulit jika tidak memiliki e-mail. Saat ini e-mail memang penting apalagi untuk pembuatan akun-akun sosial media dan keperluan mengunduh file-file yang kita butuhkan. Selain itu, saat ini sudah banyak guru apalagi dosen yang meminta tugasnya dikirim via e-mail.
E-mail adalah singkatan dari Electronic Mail. Dalam bahasa Indonesia, E-mail bisa diartikan sebagai surat elektronik. E-mail adalah kemampuan mengirim dan menerima pesan melalui media elektronik (komputer, telepon genggam) dan pesan tersebut dapat dikirim dan dibaca kapanpun dimanapun selama ada jaringan.
Penyedia layanan e-mail gratis diantaranya adalah Gmail. Yahoo! Mail, dan Windows Live Hotmail.

4. Search Engine
bing-logo-300x234Search Engine atau mesin pencari merupakan suatu program yang mencari dokumen dengan kata kunci tertentu kemudian memberikan daftar dokumen yang sesuai dengan kata kunci tadi.
Program ini bekerja dengan mengirimkan “spider” untuk mengambil sebanyak dokumen yang bisa diambil. Kemudian, program lain yang disebut indexer membaca dokumen-dokumen tersebut dan membuat index berdasarkan jumlah kata yang tekandung dalam dokumen-dokumen tersebut. Beberapa contoh mesin pencari diantaranya adalah Google, bing, dan yahoo! Search Engine.

5. Chatting
Chatting diambil dari sebuah kata bahasa inggris yaitu chat yang berarti berbicara dalam keadaan yang informal. Saat ini istilah chatting juga bisa diartikan sebagai bertukar pesan via online, real time dengan satu atau lebih pengguna. Kebanyakan jaringan dan layanan online menawarkan fitur chatting.

6. Netiquette

Kata netiquette merupakan singkatan dari network etiquette atau internet etiquette. Istilah ini berarti sebuah etika yang harus dipatuhi sebagai sesama pengguna internet, sama seperti pengemudi yang menuruti suatu aturan dalam berkendara. Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai etika berinternet diantaranya adalah
a. Hindari menulis email, blog, atau forum dengan menggunakan huruf besar semua, (contoh : KAU SEDANG APA?) karena kesannya seperti sedang berteriak.
b. Gunakan smileys atau emoticon untuk memberi petunjuk kira-kita bagaimana emosi atau ekspresi yang ingin ditunjukkan.
c. Hati-hati ketika memberikan komentar secara online karena bisa dilihat oleh orang lain dan terkadang bisa juga menimbulkan masalah.
d. Fokus pada topik ketika memposting atau memberikan komentar. Jangan pula mengiklankan sesuatu, tindakan ini disebut spamming.
e. FAQ (Frequently Asked Questions) sangat membantu ketika pengguna mengalami kesulitan dalam suatu situs. Ketika disediakan, jangan buru-buru mengirim email pertanyaan. Lebih abik buka FAQ terlebih dahulu.

7. Komunitas Online
Komunitas online adalah sekumpulan orang yang membentuk suatu kelompok secara virtual dan saling berinteraksi via internet di berbagai layanan internet misalnya forum online, mailing list, dan grup-grup tertentu. Komunitas ini biasanya merujuk pada anggotanya yang memiliki ketertarikan tertentu yang sama. Tujuan adanya komunitas online ini adalah untuk saling berbagi informasi, cerita, pengalaman, atau hal-hal lainnya dengan sesama anggotanya. Komunitas online telah menjadi cara yang populer untuk berinteraksi meskipun belum pernah bertemu secara langsung.


Referensi
2011. Netiquette. http://www.learnthenet.com/learn-about/netiquette/. Diakses 07 Oktober 2014 pada 13.05.
Beal, Vangie. Search Engine. http://www.webopedia.com/TERM/S/search_engine.html. diakses 07 Oktober 2014 pada 11.49.
Beal, Vangie. World Wide Web. http://www.webopedia.com/TERM/W/World_Wide_Web.html. diakses 07 Oktober 2014 pada 11.21.
Falk, Bennet. 1997. Peta Jalan Internet (terjemahan). Jakarta: PT Elex Media Komputindo
http://en.wikipedia.org/wiki/Online_community. Diakses 07 Oktober 2014 pada 13.28.
http://www.oxforddictionaries.com/definition/english/chat. Diakses 07 Oktober 2014 jam 12.06.
http://www.webopedia.com/TERM/C/chat.html. diakses 07 Oktober 2014 pada 12.08.
Juju, Dominikus & MataMaya Studio. 2008. Teknik mempercepat Koneksi Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Rizki, Aditya. 2011. Peran Komunitas Online dalam Sebuah Komunitas Nyata. http://www.adityarizki.net/2011/01/peran-komunitas-online-dalam-sebuah-komunitas-nyata/. Diakses 07 Oktober 2014 pada 13.30
Rouse, Margaret. 2007. World Wide Web (WWW). http://searchcrm.techtarget.com/definition/World-Wide-Web. Diakses 07 Oktober 2014 pada 11.19

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s